Cara Penggunaan Beton Instan Mix pada Pembangunan Rumah

Cara Penggunaan Beton Instan Mix pada Pembangunan Rumah

Cara Penggunaan Beton Instan – Pesatnya pembangunan properti baik perumahan, apartemen, ruko, ataupun bangunan lainnya tentu membutuhkan sumber daya yang tidak murah. Terlebih bangunan tersebut memiliki beberapa lantai yang perlu di beton.

Pembuatan beton secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama, dan juga memakan sumber daya manusia yang tidak sedikit. Akibatnya, biaya pembangunan dapat dipastikan semakin membengkak dan boleh jadi akan memperlama proses pembangunan.

Sumber Gambar : http://wikipedia.org

 

 

Beton Instan Mix

Beton instan merupakan campuran antara pasir, batu split, dan semen dalam bentuk kering yang dapat digunakan secara praktis dengan cukup menambahkan air ke dalam adonan beton.

Adapun kemasan beton instan mix yang praktis baik dalam kemasan 50 kg per karung sak. Beton instan mix ini dalam bentuk beton kering atau dry concrete.

Menghitung Kebutuhan Beton

Sebelum melakukan proses pembangunan developer akan menghitung terlebih dahulu kebutuhan sumber daya untuk membangun. Demikian juga ketika ingin membetonisasi suatu lantai ataupun aspek bangunan lain.

Sebagai contoh sebuah bangunan akan dibetonisasi pada plat lantai atap rumah. Anggap luas atap yang akan dibeton berukuran 10 meter kali1 6 meter dengan ketebalan plat beton sebesar 12 cm.

Asumsikan saja bagian baloknya sudah dihitung sehingga hanya perlu menghitung jumlah beton untuk plat lantai atap saja. Dan Anda ingin menggunakan beton instan mix pada atap tersebut.

Kalkulasi Kebutuhan Beton

  • Luas plat lantai : 10m x 16m x 0.12m = 19.2 m3
  • Nilai keamanan : 2.5% x 19.2 m3 = 0.48 m3
    Hal ini dimaksudkan sebagai cadangan untuk mengantisipasi hal yang tak terduga.
  • Volume total beton : 19.68 m3
  • Jika 1 truck mixer mampu mengangkut 5 m3 maka total yang harus dipesan adalah : 20 m3 : 5 m3 = 4 truck.
  • Maka kebutuhan truck mixer sebanyak 4 buah dengan kapasitas 5 m3.

Cara Penggunaan Beton Instan

Lalu bagaimana cara penggunaan beton instan agar menghasilkan bangunan yang sesuai standar yang ditetapkan. Sebelumnya bersihkan keseluruhan permukaan yang akan di beton dari debu, kotoran, dan minyak agar hasil yang dicapai maksimal.

  1. Masukkan beton instan dan aduk aggregate kasar (batu dan pasir) dalam mixer ataupun molen minimal 2 menit.
  2. Lalu masukkan aggregate halus (semen) dalam mixer dan aduk kembali hingga tercampur merata dengan aggregate kasar.
  3. Masukkan air bersih (sesuaikan dengan takaran maksimal 5 liter) dan lanjutkan mengaduk hingga minimal 5 menit lamanya.
  4. Tuangkan beton yang telah siap dipakai ke bagian yang akan dibetonisasi.

Kalkulasi Kebutuhan Betonisasi dengan Beton Instan

Asumsikan beton instan yang dipakai memiliki spesifikasi sebagai berikut ini:

  • Kemasan dengan volume 50 kg per sak karung.
  • Kebutuhan air 5 liter setiap sak.
  • Volume per sak : 0.024 m3 (meter kubik)
  • Berat jenis produk per meter 2.350 kg/m3
  • Kebutuhan untuk mendapatkan 1 m3 kubik beton dibutuhkan 43 sak beton instan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan jumlah air bersih yang dicampurkan ke beton instan sesuai dengan spesifikasi beton instan sesuai dengan takaran kemasannya.

Keunggulan Beton Instan

Lalu, apa saja yang menjadi keunggulan dari produk beton instan sehingga layak menjadi prioritas utama betonisasi dalam pembangunan?

  • Proses pembangunan dapat berlangsung lebih cepat daripada pembangunan yang menggunakan betonisasi secara manual.
  • Kemudahan dalam proses betonisasi dengan hanya cukup menambahkan air bersih sebanyak 5 liter. (Hal ini tergantung dengan spesifikasi beton instan setiap kemasan)
  • Bangunan lebih kuat dan tahan lama dikarenakan formula pada beton instan sesuai dengan riset dan aplikasi lapang. Tidak seperti beton konvensional dimana tukang bangunan menggunakan semen, pasir, dan air sesuai dengan perkiraannya semata.
  • Dapat menekan biaya sumber daya manusia dalam pembangunan suatu proyek. Hal ini dikarenakan betonisasi yang dilakukan dapat berjalan dengan mudah dan cepat.

Kesimpulannya, waktu pembangunan suatu proyek akan lebih cepat dan efisien selesai dengan adanya beton instan mix.

 

Leave a Reply