DNS Round Robin untuk Website High Traffic

DNS Round Robin untuk Website High Traffic

DNS Round Robin – Apakah pernah membayangkan mengapa beberapa website hampir senantiasa uptime. Bahkan, boleh jadi nyaris tidak pernah down, padahal ratusan ribu bahkan mungkin jutaan hits mampir di website tersebut?

Sebagai contoh, Anda memiliki sebuah website kece dengan puluhan ribu pengunjung. Akan tetapi, shared hosting Anda paling hanya mampu menampung katakanlah 10K hits.

Nah, DNS Round Robin dapat menjadi sebuah solusi praktis dan hemat budget. Yah walaupun untuk kapasitas shared hosting tidak terlalu praktis praktis amat.

Apa itu DNS Round Robin?

DNS Round Robin merupakan sebuah auto system dimana website Anda memiliki banyak server. Dan ketika server A overload traffik, maka secara otomatis akan mengambil data dari server B, server C dan seterusnya.

Sehingga, adanya DNS Round Robin ini mampu menghindari terjadinya down time. Maka, hal ini berpengaruh signifikan terhadap ranking posisi website Anda.

Situs yang seringkali mengalami down, bahkan hingga beberapa kali, dan nyaris memakan waktu berhari-hari. Maka, sudah pasti beberapa keyword bakalan terjun bebas.

Cara Setting Round Robin dengan Cloudflare

Tahukah Anda dapat menggunakan DNS Round Robin dengan menggunakan Cloudflare. Layanan yang mana gratis, hingga berbayar 20$ sebulan. Simak pengaturan cara sederhana setup dns round robin dengan menggunakan cloudflare.

  1. Masuk ke akun Cloudflare Anda.
  2. Pilih salah satu website Anda, lalu pilih menu DNS.
  3. Lalu tambahkan A records Anda.

Kelemahan DNS Round Robin

Apa ada kelemahan? Tentu ada, terutama ketika Anda masih menggunakan shared hosting. Berikut ini beberapa kelemahan DNS Round Robin + Cloudflare + Shared Hosting.

  • Pertama, semisal ada update artikel atau gambar yang dikirimkan ke server A. Akan tetapi, update ini tidak secara otomatis sinkron dengan server B, C dan seterusnya.
  • Kedua, database ketika menggunakan shared hosting juga tidak akan sinkron secara otomatis. Hal ini dapat diatur dengan menggunakan server database terpisah.

Walaupun demikian, DNS Round Robin dapat menjadi solusi sederhana bagi situs dengan traffik tinggi dan mayoritas berupa halaman statis.

 

 

Leave a Reply