#Eps01 Mencari yang Hilang,,,


Tepatnya hari ini pada tanggal 29 Januari 2020 saya memutuskan menulis setiap harinya selama dalam kurun 40 hari. Untuk membuat tulisan yang menarik tentu tidaklah mudah dimana permasalahan utama yakni adalah berkisar ide tulisan.

Mencari yang Hilang

Pernahkah kamu merasa dirimu tak lagi dikenali, bahkan oleh jiwamu sendiri. Seolah bertanya, who am i? What am i looking for? Dan berantah pertanyaan yang aneh bin nyleneh.

Selamat, kamu bukanlah orang yang didiagnosis sebagai orang dengan gangguan mental seperti skizo ataupun psiko. Sometimes, didalam satu hari di tengah ratusan ribuan hari yang telah dijalani, pikiran bawah sadar seolah mempertanyakan eksistensi jati diri.

Itu normal, kalaupun keseringan justru sangat tidak normal. Bahkan boleh jadi kamu harus segera menjadwalkan diri menemui psikiater. Bukan untuk mendapatkan stempel gangguan mental, melainkan lebih menata perkara hati.

Jiwa yang rapuh yang tengah menanyakan dirinya sendiri tentu harus didampingi agar tidak semakin hilang di tengah luapan masyarakat. Apalagi jiwa manusia itu berada di angka usia dua puluhan dimana hal ini merupakan hal yang wajar.

Hidup Bukanlah Perlombaan

thoughtcatalog.wordpress.com

Sedari kecil manusia di Indonesia dididik berkompetisi. Sedari SD pula kita mengenal artinya ranking 1 itu lebih baik dibandingkan ranking 11 walaupun sama sama memiliki angka 1. Kompetisi seolah diajarkan yang pertama kalinya, bukan budaya gotong royong yang menjadi pilar dari kolaborasi.

Jika kamu merasa hidup orang lain enak, penuh dengan insta post yang menggugah likes dan loves. Maka boleh jadi kita tak pernah tahu betapa jerih payah yang telah dialami orang itu. Boleh jadi kita tak pernah tahu seberapa asli kehidupan orang itu.

Banyak hlo mereka yang mencari eksistensi di dunia sosial yang nyata-nyata ditujukan sebagai media pamer dan media ghibah (studi banding) online. Berapa banyak sih akun yang seolah mencari pansos, mencari panjatan sosial agar terlihat lebih dibandingkan rekan sejawatnya.

Damn! Life so meaningless

Seorang filsuf pernah berkata didalam suatu lokakarya, knowing yourself is the beginning of all wisdom. Semoga yang hilang segera ketemu ya…!

Leave a Reply