Kelebihan dan Kelemahan WMS WIFI ID beserta Review Pemakaiannya


WMS Wifi ID merupakan layanan wifi yang mana mengambil jalur internet dari jaringan Indihome. Bisa dikatakan perusahaan Wifi.ID dan Indihome berada dibawah naungan perusahaan yang sama, apalagi kalau bukan PT Telkom.

Apabila pada umumnya mengenal produk internet fiber dari Telkom dengan nama brand Indihome yang mana menawarkan berbagai paket internet. Indihome menawarkan paket 2p yakni internet dan tivi. Atau paket Indihome 3p yang mencakup telepon, internet dan useetv.

Lalu apa itu WMS Wifi ID?

WMS merupakan kependekan dari Wifi Managed Services dimana layanan ini ditawarkan oleh Wifi.ID. Apabila pada masa dahulu, WMS ini hanya boleh dipasang pada kafe, warung, restaurant ataupun tempat publik lainnya. Saat ini layanan WMS Wifi ID bisa dipasang di rumah rumah pribadi.

WMS WIFI ID
WMS WIFI ID

Adapun paket WMS Wifi ID yang paling murah memiliki kecepatan akses up to 20mbps baik itu untuk proses download maupun uploadnya. Berbeda dibandingan dengan Indihome dimana speed uploadnya umumnya jauh lebih kecil dibandingkan speed downloadnya.

Keunggulan WMS Wifi ID Telkom

Nah berikut ini merupakan keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan WIFI ID yang menawarkan jasa WMSnya yakni :

  1. Speed Upload dan Download Sebanding
    Speed upload dan download apabila menggunakan layanan WMS pada umumnya akan sama yakni 1:1. Apabila Anda terdaftar pada paket WMS 20mbps, maka speed upload dan download yang akan Anda dapatkanpun sama besarnya.
  2. Tidak Ada Bandwith yang dibatasi
    Berbeda dengan paket internet yang ditawarkan oleh Indihome. WMS Wifi ID menawarkan paket internet tanpa adanya batasan bandwith. Berbeda dengan internet yang ditawarkan Indihome dimana mengenal istilah FUP. Apabila telah melewati batas FUP, maka speed internet bakalan menurun 40%.
  3. Harga Jauh Lebih Murah
    Harga paket internet WMS apabila dibandingkan dengan Indihome untuk speed yang sama jauh lebih murah harga WMS. Saya sendiri mendapatkan harga 313 ribuan per bulannya. Bandingkan dengan paket 20mbps Indihome yang tentu jauh lebih mahal.

Kekurangan Produk WMS Wifi ID Telkom

Lantas apa saja kekurangan dari produk WMS yang ditawarkan oleh perusahaan wifi.ID? Setelah menikmati internet selama beberapa bulan lamanya kekurangan dari WMS hanyalah pada saat digunakan untuk ngegame dimana ping relatif bengkak dan tidak stabil.

Terlebih apabila semakin banyak user yang mana terhubung ke dalam router WMS Wifi ID. Alhasil, game yang tengah Anda mainkan akan terganggu bahkan termasuk ke dalam kategori menyebalkan.

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila Anda membutuhkan akses internet tanpa khawatir terbatasi kuota, maka WMS merupakan pilihan yang tepat. Terlebih apabila Anda sering memproduksi konten video dimana setiap video tentu berukuran tidak kecil.

Pengalaman pernah mencoba upload file .zip ke dalam drive.google.com dimana memakan waktu hampir lebih dari 7-8 jam. Adapun ukuran file.zip tersebut berkisar antara 67 GB. Apabila dimonitoring speed upload mencapai rata rata 2 MBps. Bahkan tidak jarang melampaui 3 MBps, sangat cukup kencang bukan? Adapun paket internet yang digunakan WMS Basic dimana memiliki speed up to 20mbps.

Tertarik memasang WMS Wifi ID? Komen aja guys

Leave a Reply